January 14, 2015

Belajar Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tatacara membaca Al-Qur'an dengan kaidah yang benar. Benar yang dimaksud di sini adalah benar dari segi makhraj, mad, idgham, ikhfa' dan sebagainya. Tujuan dari mempelajari ilmu tajwid adalah sebagai usaha untuk menjaga dan memelihara bacaan Al-Qur'an dari kesalahan membaca. Sehingga, bacaan Al-Qur'an senantiasa murni dan tidak berubah sampai akhir zaman.
Namun demikian, hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah. Akan tetapi membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid hukumnya fardhu ain. Boleh saja kita membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar walaupun tidak tahu teori ilmu tajwidnya. Maka, sudah cukup bagi muslim yang lainnya untuk mempelajari ilmu tajwid.
Mempelajari ilmu tajwid, akan mendatangkan manfaat berupa pengetahuan kita tentang ilmu tersebut dan dapat mempraktikkannya. Sehingga kita bisa terhindar dari kesalahan dan menyempurnakan bacaannya. Kesalahan itu mungkin saja dari kesalahan panjang pendeknya, mendengung atau tidaknya dan sebagainya. Kesalahan lafal bisa mengubah arti, kita juga bisa terjaga dari kesalahan yang mungkin kita buat.
Ilmu tajwid banyak macamnya, seperti hukum bacaan nun mati, mim mati, mad, waqaf, lam ta'rif qamariyah dan syamsiyah, qalqalah, ra' tafkhim dan ra' tarqiq, lam jalalah tarqiq dan tafkhim, dan sebagainya.

Ditulis Oleh : Muhammad Nur'alim Hari: 7:56 PM Kategori:

0 comments:

 

Nasehat Kesuksesan

Orang yang optimis akan melihat mawar dari bunganya yang indah, sedangkan orang pesimis melihat dari durinya yang sangat tajam lagi menyakitkan sehingga melupakan keindahannya.

Statistik

There was an error in this gadget