November 01, 2012

Pepatah Cina, Belajar dari Ikan Salmon

Tahukah anda berapa harga ikan salmon sekarang di pasaran? Ikan jenis ini harganya sangat mahal. Mengapa? Ikan ini diyakini mengandung nilai gizi tinggi yang dapat mendukung kecerdasan. Terlebih lagi, ikan jenis ini dapat hidup di air laut maupun tawar. 

Satu pelajaran dari pepatah Cina mengatakan bahwa "Ikan Salmon itu harganya mahal karena berani melawan arus, ikan yang mengikuti arus itu murah, karena ikan mati pun dapat melakukannya"

Di dalam kehidupan kita sehari-hari, tentu dihadapkan dengan lingkungan yang beragam. Bagaimanakah pendirian kita? Apakah kita akan melawan arus atau tidak? Jika kita mengikuti arus kehidupan kita sehari-hari dan lingkungan yang nyaman, berarti memiliki harga diri yang murah. 

Sebaliknya jika kita berani melawan arus dari kehidupan kita sehari-hari, kita akan dianggap memiliki harga yang mahal, dihargai, disegani, maupun dihormati. 

Sebagai contoh, tentu kita masih ingat kesuksesan Jokowi dalam Pilkada DKI. Jokowi dikenal berani melawan arus dan kehendak birokrasi. Kesuksesan Jokowi dibuktikan selama memimpin kota Solo. Ia berani melawan arus birokrasi dengan cara terjun langsung ke masyarakat, memperbaiki sistem pelayanan dan sebagainya. Kesuksesannya di Solo harus dibayar mahal oleh lawan politiknya di Jakarta.

Demikian juga, kisah Dahlan Iskan yang berani melawan arus kenyamanan di pemerintahan SBY. Dahlan Iskan banyak membuat pekerjaan yang sebenarnya sederhana, tetapi bermakna, seperti membuka pintu tol, berjualan e-Toll Card, terjun ke masyarakat, tidur di rumah petani, dan selalu berpakaian sederhana. 

Contoh lain adalah Bupati Simalungun Sumatera Utara, yang terjun langsung ke lapangan, melepas seragam dinasnya, mengendarai motor trail, menanamkan disiplin yang tinggi kepada para pegawainya.

Semuanya adalah orang-orang yang berharga mahal karena berani melawan arus kenyamanan yang ada di lingkungan sekitarnya. Saya rasa tentu banyak kisah-kisah di sekitar anda, orang-orang yang berprestasi, berpotensi, namun terkadang dianggap mencari sensasi, mencari muka. Itulah orang-orang yang berani melawan arus. Kesuksesan hanya berada pada orang-orang yang berani keluar dari zona kenyamanan. Sekali lagi berani, melawan arus, seperti ikan Salmon. Kehidupan Ikan Salmon sangat berbeda dengan yang lainnya. 

Kisah hidup Ikan Salmon sangatlah menarik. Ikan ini pertama kali menetas di air tawar. Biasanya pada bulan November. Kehidupan awalnya hanyalah memakan plankton yang berada di sekitar sungai. Hidupnya berada di antara tumpukan kerikil di dasar sungai. Salmon yang baru menetas inilah, disebut "alevin."  Setelah cadangan makanan di dasar sungai habis, Salmon akan keluar ke atas. Ini dilakukan sekitar bulan Mei-Juni. Tahapan ini disebut "Fry". 
Pada tahapan selanjutnya Fry akan berkembang menjadi "smolt" yang siap untuk berenang menuju laut lepas. Perjalanan di laut lepas, sangatlah sulit karena harus melewati predator yang banyak. 
Kehidupan di laut cukup lama, sekitar 4 - 7 tahun. 

Setelah hidup di laut lepas selama bertahun-tahun, Salmon siap bereproduksi. Saat inilah, ikan bersama-sama dengan koloninya kembali ke perairan air tawar untuk menetaskan telurnya. Ia akan kembali pulang ke sungai yang sudah ditinggalkannya bertahun-tahun. Pada tahap inilah, ikan Salmon bergerak melawan arus air yang bergerak ke laut. Dalam perjalanannya, banyak rintangan yang harus dihadapi, seperti melewati karang, melawan arus, maupun melompat mendaki air terjun. Ikan Salmon mampu melompat sekitar 3 meter.

Ditulis Oleh : EDUKARIMA CENTER Hari: 8:21 PM Kategori:

0 comments:

 

Nasehat Kesuksesan

Orang yang optimis akan melihat mawar dari bunganya yang indah, sedangkan orang pesimis melihat dari durinya yang sangat tajam lagi menyakitkan sehingga melupakan keindahannya.

Statistik

There was an error in this gadget